Senin, 17 Agustus 2009

Perkecil Ukuran Photo (Resize)

Cara cepat memperkecil ukuran file (resize) foto

Pernahkan anda mendaftar pada situs berkategori social networking (jejaring sosial)? memang pertanyaan ini sedikit aneh, namun sangat penting bagi netter untuk bisa berhubungan dengan teman dunia maya. Contoh dari situs tersebut adalah facebook, friendster, yuwie, hi5, myspace dan masih banyak lagi yang bila disebutkan satu persatu sangat banyak.

Nah, hal yang penting setelah mendaftar pada situs jejaring sosial adalah disarankan untuk segera mengupload (mengunggah) foto diri anda. Tentunya foto yang enak dipandang mata, yang cantik (bagi cewek) dan yang keren (bagi cowok), semua foto dimasukkan ke dalam profil kamu, agar semua orang lain bisa mengetahui/melihat profil kepunyaan siapa itu?. Selain itu, kita juga bisa sharing (berbagi) tentang foto-foto yang kita punyai kepada teman-teman dunia maya. Baik itu foto diri sendiri maupun foto teman/saudara, atau siapa saja. Tidak sedikit foto-foto itu didapatkan dari kamera digital, atau mungkin didapat dari handphone yang mempunyai fasilitas kamera.

Nah permasalahannya adalah jika ukuran (size) foto besar misalnya 10 M yang dihasilkan dari foto digital akan memperlambat proses mengupload (mengunggah). Bahkan pada situs-situs tertentu membatasi ukuran dari foto yang akan di upload misalnya maksimal berukuran 100 kb (1 M). Hal ini didasarkan agar kalau mengupload tidak terlalu lama, mungkin juga untuk membatasi hardisk dari server yang semuanya terbatas. Salah satu sofware yang bisa dengan cepat memperkecil ukuran (size) foto adalah pixresizer. Pada sofware ini kita bisa dengan cepat dan mudah mengubah ukuran (size) foto. Misalnya jika sebelumnya foto tersebut berukuran 10 M dari foto digital dengan software pixresizer bisa diubah berukuran kecil sesuai dengan kebutuhan, misalnya diubah 19 kb, 83 kb atau berapapun.

Berikut ini langkah-langkah untuk bisa menggunakan program ini

  1. Download program pixresizer pada link disini
  2. Setelah proses download selesai, file tersebut di ekstrak terlebih dahulu (karena file dalam bentuk .rar), sebelum diinstal.
  3. Setelah itu dilanjutkan dengan proses install.
  4. Setelah proses install selesai, buka program pixresizer.
  5. Lalu akan muncul gambar seperti ini,

    pixresize

  6. Selanjutnya buka foto kamu yang akan di ubah ukurannya (resize), dengan klik load picture.
  7. Setelah itu select new size (pilih ukuran baru yang kamu inginkan). Dalam hal ini default adalah Custom size (600 x 450). Jika itu pilihan anda langkah ini abaikan saja.
  8. Langkah berikutnya select file format (pilih format file) dalam hal ini defaultnya adalah dalam bentuk JPEG. Jika itu pilihan anda langkah ini juga diabaikan saja.
  9. Dan langkah terakhir adalah menyimpan hasil dari file foto yang telah diubah ukurannya (resize), dengan menekan tombol save picture.

Setelah itu jadilah ukuran file foto yang telah diubah. Kamu tinggal mengupload pada situs jejaring sosial/social networking kesayangan anda.
Selain itu pada program pixresizer dapat juga merotasi (membalikkan) foto-foto kamu dan juga bisa langsung di print.

Demikian tips untuk memperkecil ukuran (size) file. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar